Breaking News
Loading...
Thursday, December 10, 2015

Biografi Pencetus Hukum Ohm Georg Simon Ohm

6:27 AM
Biografi Pencetus Hukum Ohm Georg Simon Ohm
Biografi Pencetus Hukum Ohm Georg Simon Ohm
Georg Simon Ohm adalah seorang fisikawan Jermanyang lahir di Erlangen, Bavaria, pada tanggal 16-17 Maret 1789,anak dari pasangan Johann Wolfgang Ohm (seorang tukangkunci) dan Maria Elizabeth Beck (putri dari seorang penjahit).Mereka sekeluarga beragama Kristen-Protestan. Walaupunayahnya hanya berprofesi sebagaitukang kunci,namun diamampu memberikan anak-anaknya pendidikan yang tinggimelalui ajarannya sendiri. Sebenarnya Georg Ohm terlahirsebagai 7 bersaudara, namun hanya 3 yang bertahan melewatimasa kecilnya, yaitu Georg, Martin (matematikawan terkenal),dan Elizabeth Barbara. Ibunya meninggal ketika ia berumursepuluh tahun.

Pada tahun 1805, Ohm masuk ke Universitas Erlangen namun keluar di semester ketigadan kemudian pergi mengajar matematika di sekolah Gottstadt bei Nydaud, Swiss.Georg Ohmmeninggalkan sekolah tersebut pada
Maret 1809 untuk menjadi guru privat di Neuchatel.Atasnasihat dari Karl Christian von Langsdorf, dia kembali melanjutkan studi di bidang matematika danpada April 1811, dia kembali ke Universitas Erlangen.

Pada 25 Oktober 1811, Ohm memperoleh gelar doktor di bidang matematika dariErlange dan bergabung sebagai staf dosen matematika. Menyadari bahwa pekerja tersebut tidakmemiliki prospek yang baik dan uang yang diterima sedikit, maka dia meninggalkan pekerjaantersebut dan menerima tawaran pemerintah Bavaria.Tawaran untuk mengajar sebagai gurumatematika dan fisika di sebuah sekolah berkualitas rendah di Bamberg diterimanya pada januari1813.Dia juga bekerja sebagai penulis buku sekolah dasar tentang geometri, namun Ohm tidakmerasa bahagia dengan pekerjaannya.

Pada Februari 1816, sekolah tersebut ditutup dan pemerintahBavaria mengirimnya ke sekolah yang penuh sesak di Bamberg untuk mengajar matematika.Pada 11 September 1817, Georg Ohm menerima tawaran mengajar matematika dan fisika di GimnasiumJesuit, Cologne. Tempat itu dilengkapi fasilitas laboratorium yang baik, sehingga ia dapat mulaimelakukan berbagai eksperimen. Kemudian pada tahun 1827, ia mempublikasikan bukunya “Die Galvanishe Kette, Mathematisch Bearbeitet (English: The Galvanic Circuit InvestigatedMathematically)”. Namun, sekolah tersebut tidak memuji karyanya dan Ohm mengundurkan diripada tahun 1928.

Pada tahun 1833, Ohm mendapatkan pekerjaan di sekolah politeknik, Nuremberg danmendapat gelar profesor eksperimental di universitas Munich.Meskipun demikian, universitastersebut bukanlah yang dicita-citakan olehnya.Pengakuan dan penghargaan masyarakat terhadapkarya-karya besar Ohm terlambat dia terima dan untuk mendapatkannya pun, dia harus berusahasusah payah dan dalam waktu yang lama. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh hubungannya yangtidak terlalu baik dengan beberapa tokoh berkuasa, seperti Johannes Schultz, tokoh berpengaruhdalam departemen pendidikan Berlin, dan Georg Friedrich Pohl, profesor fisika di kota tersebut.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer