Breaking News
Loading...
Wednesday, July 29, 2015

PENEMU KALKULATOR Blaise Pascal

10:51 PM
Penemu kalkulator pertama di dunia adalah Blaise Pascal. Ahli matematika dan sains dari Prancis itu berhasil membuat kalkulator roda numerik atau Pascaline. Alat tersebut menjadi cikal bakal kalkulator modern yang sering digunakan saat ini.Alat itu diciptakan ketika usianya menginjak 18 tahun. Pascaline diciptakan untuk membantu pekerjaan sang ayah sebagai pemungut pajak wilayah Normandia. Pascaline mampu melakukan penjumlahan, pengurangan, dan pembagian secara cepat. Dengan demikian, ayahnya bisa menghitung penerimaan pajak secara cepat.

Penemuan Pascal itu menarik perhatian masyarakat luas. Dia pun dengan penuh semangat menerangkan cara kerja alat tersebut di hadapan para ilmuwan Prancis. Namun, pemerintah kurang tertarik untuk memproduksi alat itu karena berukuran besar dan biaya produksinya tinggi.
PENEMU KALKULATOR Blaise Pascal
PENEMU KALKULATOR Blaise Pascal

Pascal tak langsung putus asa. Dia segera mematenkan karyanya itu sebelum ditiru seorang tukang jam. Pascal juga pernah menjual alat tersebut kepada Ratu Swedia, Christina. Namun, ditolak. Pascaline itu nanti disempurnakan matematikawan Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716). Dia menambahkan proses perkalian di alat tersebut. 

Selain Pascaline, Pascal berhasil menemukan beberapa rumus penting lain. Salah satunnya adalah teori probabilitas. Teori itu didapatkan dari kebiasaan melemparkan dua dadu ketika berjudi dan berpesta. Pascal meninggal pada 19 Agustus 1662. Penemuan yang diciptakannya menjadi dasar perkembangan teknologi modern.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer